Jelajahi Duniamu!

Duniaku ibarat sebuah buku, dan perjalananku akan membentuk sebuah buku cerita tentang kehidupan. Mereka yang tidak melakukan perjalanan hanya membaca halaman dari buku itu.

Jelajahi Indonesiamu

Perjalanan seribu batu bermula dari satu langkah. (Lao Tze)

Jelajahi Alammu

Gantungkan azam dan semangatmu setinggi bintang di langit dan rendahkan hatimu serendah mutiara di lautan.

Warnai Duniamu, Harimu dan Langkahmu

Buatlah hidupmu berwarna seperti sebuah pelangi, karena kita melihat kebahagiaan itu ibarat melihat pelangi, tidak pernah berada diatas kepala kita sendiri, tapi selalu berada diatas kepala orang lain.

Kembangkan senyummu

Dunia selalu terlihat lebih cerah dari balik sebuah senyuman. Tersenyumlah !! Dan duniamu akan lebih indah.

Prev Next

Uniknya Suku Baduy

Siapa yang tidak tau suku Baduy. Sebuah kampung yang masih mempertahankan ajaran-ajaran warisan nenek moyangnya. Yaaps,, Suku Baduy letaknya di Kabupaten Lebak,Banten. Ditengah derap lajunya perkembangan teknologi sekarang, masyarakat Suku Baduy masih mempertahankan adat-adat dan aturan yang sudah turun temurun. Intinya sih, hidup tanpa teknologi.

Lumbung padi di Suku Baduy
Masyarakat Baduy pergi ke ladang

Masyarakat Suku Baduy menganut sebuah kepercayaan namanya Sunda Wiwitan. Tidak banyak yang bisa saya jelaskan dari kepercayaan ini,karena saya juga tidak terlalu paham jaran-ajaran. Saat kesini yang saya rasakan adalah alamnya yang masih alami, tanpa tersentuh teknologi apapun, tidak ada listrik, masak masih menggunakan kayu, bahkan untuk penerangan mereka dimalam hari menggunakan obor yang minyaknya dari minyak sayur.

Jembatan di Baduy

Ramah tamah, ini juga termasuk hal yang membuat saya kagum. Saat rombongan kami datang, di malam hari, mereka masih menyambut kami dengan senyuman. Memasakkan kami makanan dan membuatkan kami minuman hangat. Benar-benat hangat rasanya saat itu.

Dilarang ngomong sembarangan, mungkin kalau orang sunda bilang "pamali". Antara percaya atau tidak, tapi ini benar-benar terjadi. Jangan bertanya aneh-aneh, jangan sompral/sok tau, dan patuhi semua peraturan mereka, itu kalau anda ingin pulang dengan selamat. Sudah banyak rasanya cerita yang beredar mengenai hal-hal mistis yang pernah terjadi,jika ada pendatang yang datang.

Perkampungan di Baduy
Inilah Suku Baduy, dengan kemandirian dan kegigihannya dalam mempertahankan ajaran nenek moyang. Tidak mau tersentuh teknologi ditengah pesatnya kemajuan zaman sekarang. Apalagi mereka harus berdampingan hidup dengan masyarakat yang sudah merasakan teknologi. Tapi mereka tetap percaya akan kepercayaannya.

Membuat selendang khas Baduy
3 hari 2 malam saya habiskan waktu berada di perkampungan Suku Baduy, semuanya begitu cepat, belum sempat saya belajar menenun dan menumbuk padi. Semoga nanti saya punya waktu untuk berkunjung kembali ke Suku Baduy.


4 Responses so far.

  1. som_blog says:

    Nice bu...
    Jadi kepengen kesana dan berbaur

  2. ga akan nyesel deh kalau kesana, banyak hal baru yang bisa kita pelajarin.. ^__^

  3. som_blog says:

    kalo gt, pastinya akan membekas di pikiran. Banyak kesan dan pesan yang didapat..

Leave a Reply